Menanggapi Isu Penjualan Tiket Kereta Api Lebaran Yang Cepat Habis Terjual Dalam Hitungan Detik


Kereta api ! sudah tidak asing kita dengar di masyarakat. Kereta api adalah suatu alat transportasi umum di negara Indonesia.

Banyaknya komentar atau rumor beredar dengan ciri khas Indonesia yang berkomentar negatif atau menjelekan suatu pihak, tapi itu baik untuk pemasukan yang di kritik asalkan dengan tujuan untuk menjadi lebih baik bukan palah menjelekannya.

Sesui judul posting kali ini mungkin akan saya jelaskan sedikit mengenai kenapa penjualan tiket kereta api selalu habis terjual dalam hitungan detik lebih khususnya saat musim libur atau cuti lebaran tiba atau lebih dikenal dengan sebutan "MUDIK LEBARAN".  

 Logika penjualan tiket kereta api yang cepat ludes terjual dalam hitungan detik. !
1. Kereta api menjual tiket secara ONLINE
2. Jumlah pembeli tiket lebih besar dari pada ketersedia tiket normal
3. Server KAI yang down saat di buka banyak user

Penjelasan masalah tiket kereta habis dalam hitungan detik secara logika 

1. Tiket KAI dijual secara online jadi semua orang bisa mengaksesnya dan membelinya tanpa harus antri di loket stasiun. Jadi jika kalo ada orang yang bilang tiket di beli para calo yang kerjasama dengan petugas itu SALAH besar.

2. Kenapa saya membeli online dan tetap tidak bisa mendaptkan tiketnya ?Secara logika ! Berapa banyak orang yang akan membeli tiket ? dan berapa tiket yang disediakan oleh KAI ?
  •  Kenapa anda tidak bisa mendapatkan tiket padahal sudah online ? berikut alasanya
    • Kualitas koneksi internet anda yang kurang bagus dan server KAI yang down jika dibuka banyak user ( Kelemahan ada di 2 Pihak ). Tapi jika anda menggunakan internet yang cepat masih ada waktu sekitar 30-90 detik peluang anda untuk mendapatkan tiket. server kai akan down jika dibuka banyak user dan itu terjadi sekitar 3-5 menit setelah pembukaan tiket. karena hampir semua orang sudah bisa mengakses server KAI. Jadi anda mempunyai waktu sebelum 3 menit harus bisa membooking tiketnya. berapa kecepatan yang harus saya gunakan untuk mengakses web KAI ? minimal anda menggunakan keceptan 2Mbps
    • Kenapa 30-90 detik padahal kita harus mengetik nama dan identitas penumpang saja lebih dari itu ! Ya memang benar untuk untuk mengisi form membutuhkan waktu lebih lama dari 30 detik. tapi itu bisa dan sangat mudah. Jika anda memngunkan PC ( Komputer ) simpanlah nama dan identitas yang di butuhkan di notepad. Jika anda menggunakan APLIKASI KAI Access anda harus menyimpan nama dan identitas lainya di profil KAI Access jadi anda tidak perlu ketik ulang saat memboking. PROFIL >> MENU disitu diisi nama keluarga yang akan mudik pasti lebih cepat bukan.
  •  Koneksi internet lemah atau server KAI down dan saat berhasil masuk tiket sudah habis ? Berikut tips mendaptkan tiketnya
    • Mitra KAI dan KAI Access mempunyai waktu pembayaran yang lumayan lama waktunya. contoh KAI Access mempunyai jeda waktu bayar 1-3 JAM dan e-Chanel ( Mitra KAI ) 30 Menit. jadi saat anda berhasil masuk dan teryata tiket habis anda jangan menyerah anda coba lagi antara jam 00.50 - 01.30 WIB disitu akan muncul tiket lagi yang gagal proses bayar karena terholding ( tertahan ) 
    • dan holing yang kedua yaitu pukul 03.00 - 04.30 WIB disitu juga akan muncul sisa sisa tiket KA yang belum terbooking / gagal bayar
  •  Kenapa tiket KA sedikit sekali ! Jawabnya mari kita hitung bersama
    • Satu rangkain kereta terdiri dari 6 Gerbong penumpang bukan dihitung sama restoran dan pembangkit listrik dan setiap 1 Gerbong terdap kurang lebih 108 Kursi jadi satu rangkain kereta api hanya menyediakan sekitar 650 kursi penumpang.
    • Sebagai contoh kita menghitung kereta SERAYU yang berangkat dari PASARSENEN - PURWOKERTO ada  2 kereta serayu dalam 1 hari jadi kita di beri kesempatan pulang pagi dan malam 650*2 = 1300 tempat duduk / hari ini kurang lebihnya dalam 1 hari.
    • Kenapa kereta kosong padahal dalam booking penuh ! Saya berikan contoh : kamu akan mmbeli tiket dari rute PSE ( Pasar Senen - Banjar ) tetapi disitu ada penumpnag lain yang membeli dari rute Purwakarta - Tasikmalya maka kursi tersebut sudah di anggap penuh karena ada penumpnag di purwakarta yang lebih dahulu membeli tiket tujuan tasik padahal saat anad naik kereta dari pasar senen kursi tersebut masih kosong. tapi sebaliknya jika ada membeli tiket dari Tasik - Banjar maka kursi tersedia karena penumpnag sudah turun.
Kesimpulanya adalah jangan pantang menyerah terutama bagi anda yang membeli tiket KAI rute perjalanan jauh akan lebih cepat penuhnya dari pada kosongnya..
Selamat mencoba !!!!


    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel