Ternyata Inilah Penyebab Harga HP Bekas Hancur Lebur di Pasaran

Apakah anda seorang penjual handphone bekas yang sering mondar-mandir di internet untuk membeli dan menjualnya kembali? Jika iya, apakah anda merasakan sebuah perubahan yang sangat drastis akhir-akhir ini dimana harga hp bekas benar-benar tidak terkendali dan susah untuk ditebak?


Nah kalau anda merasakan hal seperti itu, maka anda tidak sendirian karena hampir semua penjual handphone bekas sedang mengalaminya.

Beberapa bulan yang lalu, smartphone yang harga barunya di kisaran Rp 2jutaan, jika dijual dalam keadaan second maka harganay masih stabil di kisaran Rp 1 juta. Anda tentu bisa membelinya dengan harga lebih murah lagi hingga bisa menumpangi keuntungan yang lumayan di kisaran Rp 50 ribu hingga ratusan ribu.

Tapi di saat ini, jika ada HP bekas yang harga barunya Rp 2 jutaan, harga jual dalam kondisi bekasnya sangat murah, bahkan tak jarang hanya dihargai ratusan ribu saja. Ditambah lagi pelanggan kurang berminat dengan hp bekas yang anda tawarkan, betul?

Beberapa teman saya yang biasanya jualan HP bekas dan bisa mendapatkan ratusan ribu tiap harinya dari bisnis ini, kini sudah mulai menyerah dan enggan berbisnis smartphone bekas lagi. Pasar sudah hancur dan harganya sudah jatuh, tidak bisa ambil untung seperti dulu lagi.

Usut punya usut, masalah hancurnya harga bekas smartphone di pasaran ini ditengarai akibat dari membludaknya HP baru yang keluar di pasaran. Dalam satu bulan, bisa ada puluhan smartphone baru yang dirilis di pasaran, lengkap denga spek baru, teknologi terbaru, kondisi baru, dan harganya juga sangat murah.

Bayangkan saja, smartphone yang menggunakan android nougat di Indonesia belum banyak, eh sudah keluar android Oreo terbaru. Teknologi finger print saja belum banyak yang punya, eh sudah ada iPone dengan deteksi wajah.

Bagaimana cara menyiasati masalah ini? Tentu saja beberapa dari penjual HP bekas sudah menyerah, namun sebenarnya ini adalah suatu moment yang cukup bagus untuk anda mengembangkan bisnis minim pesaing. Kurangi harga beli serendah mungkin yang bisa anda dapatkan dan jual dengan harga tertinggi, tentu tidak mudah, namun ini cara satu-satunya untuk bisa bertahan.

Jika anda punya banyak modal, tak ada salahnya mencoba jualan smartphone yang baru sekalian, namun masalah juga tak henti mengintai karena banyaknya produk baru yang beredar sehingga modal anda harus lebih banyak pula.
Pesan Sekarang