Kebangkitan dan Kejatuhan Merk Smartphones dari Tahun ke Tahun

Sangat menarik untuk membicarakan tentang beberapa merk smartphone ternama yang selalu memberikan produk terbarunya kepada konsumen. Sebelum tahun 2010 silam, Nokia adalah rajanya dan saingannya yang benar-benar kuat bisa dibilang tidak ada sama sekali karena hampir semua produk Nokia selalu laris manis di pasaran dan lainnya seperti Sony Ericsson hanya pesaing kecil saja.


Namun bumi berputar dan nasib selalu berubah, gagalnya symbian membuat peluang bagi android dan iOS untuk meluncur menjadi pilihan utama. Nokia yang menggandeng microsoft terlambat untuk bersaing dan dinyatakan gagal.

Nokia hancur lebur dan tak terdengar kabarnya selama beberapa tahun sementara Sony Ericsson bubar dan mereka bekerja sendiri-sendiri. Muncullah merk-merk baru dengan teknologi hebat di masa depan seperti iPhone dan ponsel pintar android yang mendunia.

Perusahaan asal China seperti HTC menjual produknya sendiri, Huawei mempromosikan produknya dengan sangat hebat, sementara Xiaomi bisa menjadi raja untuk beberapa produknya.

Kebangkitan merk China membuat banyak merk baru bermunculan dan ingin bersaing dengan nama-nama besar seperti Samsung dan Apple.

Apple tidak perlu promosi untuk produknya, orang-orang berbaris di jalan dan bahkan mendirikan tenda untuk mengantri dalam penjualan iPhone pertama. Sementara Samsung sukses menggaet pasar android di dunia dengan sistem promosi yang super keren.

Namun keduanya mulai ditinggalkan karena terlalu fokus pada produk kelas atas yang harganya mahal tanpa adanya kejutan yang menarik karena produk lain juga menyediakannya.

Siapa yang akan bangkit dan siapa yang akan mengalami kejatuhan seperti Nokia? Kita tunggu saja biar waktu yang akan menjawabnya dalam kemajuan yang tak terbendung ini.
Pesan Sekarang